Jumat, 06 Februari 2015

Arsitek Keren Pada Jamannya


1. Frank Gehry (28/2/1929)
Frank Owen GehryCC (nama lahir Ephraim Owen Goldberg di Toronto,Ontario pada 28 Februari 1929) adalah seorang arsitek berkewarganegaraan ganda Amerika Serikat dan Kanada. PemenangPenghargaan Pritzker tahun 1989.Gehry dikenal akan pendekatan ukiran ke desain bangunan dan untuk membangun struktur yang berkurva, dan seringkali dibungkus dengan logam yang mengkilat. Gedung yang dirancangnya, termasuk tempat tinggal pribadinya di Santa Monica, California, telah menjadi atraksi wisatawan. Banyak museum, perusahaan, dan kota mencari jasa Gehry sebagai simbol pembedaan, untuk segala produk yang dibuatnya.
Tidak ada yang salah dari hasil karya Gehry, hasil karya arsitekturnya memiliki kekhasan tersendiri. Bentuk dekonstruktif dari karyanya membuat wisatawan berduyun-duyun datang untuk melihat dan mengagumi buatannya. Dia menjadi salah satu arsitek penting lantaran kemampuannya menciptakan ruang yang memanipulasi bentuk.
Proyeknya yang paling terkenal di antaranya adalah The Walt Disney Concert Hall di Los Angeles, The Guggenheim Museum di Bilbao, serta Der Neue Zollhof in Düsseldorf dan the Marqués de Riscal Vineyard Hotel di Elciego.

Il Guggenheim Museum Bilbao, a lato della ría de Bilbao, nel centro di Bilbao





2. Frank Lloyd Wright (8/6/1867)
Image

Frank Lloyd Wright (8 Juni 1867 – 9 April 1959) adalah seorang arsitek terkenal dari awal tahun 1900-an. Rumahnya terkenal dengan julukan Robbie House, yang tata ruangnya seperti jaringan jalan yang ruwet dan jendela kaca bernoda geometris. Informasi rumah itu bisa didapatkan dalam buku The Wright 3 karya Blue Balliet. Frank Lloyd Wright memegang jimat khusus dalam bentuk ikan Jepang nefrit.Ia mengembangkan serangkaian gaya yang amat bersifat perorangan, memengaruhi rancang bangunan di seluruh dunia, dan hingga saat ini masih merupakan arsitek terkenal dari Amerika Serikat.Wright juga terkenal sepanjang hidupnya. Kehidupan pribadinya yang berwarna sering menjadi berita utama, utamanya tentang kegagalan 2 pernikahan pertamanya dan pembakaran serta pembunuhan di studio Taliesin miliknya pada tahun 1914.
Beberapa orang menganggap Frank sebagai arsotek terbesar sepanjang masa. Hal tersebut lantaran dia menciptakan ruang interior, eksterior dari masa ke masa meskipun tidak pernah mengenyam pendidikan formal bidang arsitektura.Karyanya yang memiliki bentuk organik dan alami dianggap sebagai yang inovatif dan bangunan dengan konsep terbaik bahkan setelah 150 tahun lamanya. Proyeknya yang paling terkenal,Falling Water ,The Guggenheim Museum di New York, dan Wright’s home and studio di Scottsdale, Arizona.






3. Ieoh Ming Pei (26/4/1917)
I. M. Pei


IM Pei (Canton, 28 April 1917), lebih dikenal sebagai IM Pei, adalah seorang arsitek Amerika Cina. Ia dipandang sebagai salah satu arsitek terkemuka abad ke-20.
Arsitek kelahiran negeri Tirai Bambu ini belajar ilmu arsitektur di Amerika Serikat (AS). Selanjutnya, dia menjadi salah satu arsitek terbaik sekaligus arsitek modern pada jamannya. Proyeknya yang paling terkenal adalah John F Kennedy Presidential Library dan Museum di Boston, The National Gallery of Ar di Washington DC, The Bank of China Tower di Hong Kong dan Museum Seni Islam di Doha.
HK Bank of China Tower View.jpg





4. Philip Johnson (7/8/1906)


Philip Johnson (8 Juli 1906 - 25 Januari 2005) lahir di Cleveland, Ohio.Philip Cortelyou Johnson atau lebih dikenal dengan nama Philip Johnson adalah salah satu arsitek dari Amerika yang sangat berpengaruh dalam dunia Arsitektur. Dengan kacamatanya yang tebal, berbingkai bundar, Philip Johnson adalah tokoh yang paling dikenal di dunia arsitektur Amerika selama beberapa dekade.
Dia tercatat sebagai arsitek AS yang mendirikan departemen Arsitektur dan Desain di Museum of Modern Art di New York. Karyanya mudah diidentifikasi. Karya-karyanya yang paling terkenal adalah Gedung Seagram di New York, dia bekerjasama dengan Mies Van der Rohe. Selain itu, The Museum of Television Radio dan The Crystal Cathedral di California menjadi karyanya yang terkenal pula.
Berkas:NewYorkSeagram 04.30.2008.JPG





5.Renzo Piano

Renzo Piano lahir di Genoa, Italia, pada 14 September 1937. Keluarganya memiliki bisnis konstruksi yang menyertakan ayahnya, kakek dan pamannya. Piano tumbuh di lingkungan konstruksi.Dari tahun 1965 sampai 1970 ia juga bekerja dengan arsitek Louis Kahn legendaris di Philadelphia, arsitek yang telah dirancang Iim, Ahmedabad.

Karyanya London Bridge Tower.Bagian puncak menara  dari tower seperti tiang kapal yang tinggi , mengikuti konsep dimana arsitektur  harus menggunakan memory  menjadi bagian dari bangunan. Itu sebabnya Renzo mengadopsi bentukan kapal Layar Thames yang legendaris(yang mengarungi  lautan dekat London Bridge). Untuk puncak menara dari tower juga mengambil bentukan puncak menara sebuah gereja. Disini  terlihat adanya kecocokan antara objek dan tema, seperti yang dinyatakan oleh Culquhuon dalam “Three Kinds of Historicism” yaitu terbentuknya bentukan baru yang yang berkelanjutan dibawah gerak  sosial , perkembangan teknologi dan representasi simbol.





6.Le Corbusier
Berkas:Le Corbusier 1933.JPG

Le Corbusier (nama asli: Charles-Edouard Jeanneret; lahir 6 Oktober 1887 – meninggal 27 Agustus 1965 pada umur 77 tahun) adalah arsitek Swiss yang terkenal dalam aliran rancangan/desain International Style bersama dengan Ludwig Mies van der RoheWalter Gropius, dan Theo van Doesburg. Ia juga adalah seorang perencana perkotaan, pelukis, pemahat, penulis dan perancang perabot. Corbusier dikenal sebagai salah satu orang pertama yang menyadari pengaruhmobil terhadap bentuk dan rancangan pemukiman manusia. Ia tidak menyukai segala bentuk hiasan atau ornamentasi pada bangunan, dan pernah mengatakan bahwa "semua bangunan seharusnya berwarna putih".Antara karya-karyanya yang paling terkenal:

Villa Savoye adalah salah satu dari karya Le Corbusier yang paling penting. Dalam banyak hal didefinisikan kursus bahwa arsitektur modern adalah untuk mengambil di abad ke-20. Itu tiga seri restorasi namun saat ini tampak seperti aslinya. Villa adalah rumah di sebidang beton tipis dengan strip jendela, atap datar dengan daerah meja dan dinding montok beberapa.Desain rumah bertentangan dengan kode tradisional arsitektur rumah tinggal, tetapi itu adalah representasi dari sebuah visi baru dalam bentuk arsitektur fungsional. 







7.Ludwig Mies van der Rohe

Ludwig Mies van der Rohe (27 Maret 1886 – 17 Agustus 1969) adalah seorang arsitek berkebangsaan Jerman.[1] Ia umumnya dipanggil Mies, sesuai nama belakangnya.Ludwig Mies van der Rohe, bersama Walter Gropius dan Le Corbusier, dikenal luas sebagai para perintis arsitektur Modern. Mies, seperti rekan-rekannya pasca Perang Dunia I, berupaya menetapkan gaya arsitektur baru yang mampu mewakili zaman modern seperti yang dilakukan arsitektur Klasikdan Gothik pada zamannya masing-masing. Ia menciptakan gaya arsitektur abad ke-20 yang berpengaruh dengan kejelasan dan kesederhanaan yang ekstrem.
Villa Tugendhat merupakan prototipe dan ikon arsitektur modern di Eropa. Mies van der Rohe membangun Villa tersebut di kawasan Černá Pole di Brno (Brunn), Republik Ceko pada 1928 - 1930 untuk Fritz Tugendhat dan istrinya Greta.



8.Alvar Aalto 
 Alvar Aalto bernama asli Hugo Alvar Henrik Aalto, seorang arsitek dan designer dari Finlandia. Di dilahirkan pada 3 Februari 1898 di Kuortane, sebuah kota di Finlandia. Semasa hidupnya, Alvar Aalto tidak hanya mendisain rumah dan bangunan, tapi ia juga mendisain berbagai bentuk furniture, textile, dan glassware. Pada awal karirnya, Alvar Aalto juga berpengaruh dalam perkembangan ekonomi di Finlandia. Sesuatu yang spesial dari Alvar Aalto sendiri adalah perkembangan gaya rancangannya dari waktu ke waktu, mulai dari tahun 1920-an, saat ia masih pada awal karirnya dengan memegang gaya Nordic Classicism, berkembang dengan rancangan yang disebut dengan International Style pada tahun 1930-an, dan terus berkembang sampai rancangannya yang terakhir di tahun 1970-an. Sebenarnya bisa dikatakan bahwa Alvar Aalto adalah seorang arsitek dan designer pionir yang mengusung tema dan gaya modern dan minimalis. Gaya design yang ia miliki sebenarnya tidak lepas dari peran istri pertamanya, Aino Aalto. Aino juga seorang arsitek, tapi ia lebih berkonsentrasi pada rancangan-rancangan yang detail seperti interior design, furniture, lampu, glassware, dan lain sebagainya. Sentuhan gaya rancangan yang unik dari Aino inilah yang mempengaruhi gaya rancangan Alvar Aalto. Selain itu, dia juga memiliki sebuah museum yang didesain sendiri, dikenal dengan The Alvar Aalto Museum, terletak di kampung halaman Alvar Aalto, Jyväskylä.
Bangunan dan furnitur yang dirancang oleh Alvar Aalto. Pertama diduduki pada tahun 1949. Fitur kamar yang sangat kecil dengan ruang umum yang besar.




9.Water grophius
WalterGropius-1919.jpg

Walter Adolph Georg Gropius lahir di Berlin pada 18 Mei 1883 dan meninggal pada 5 Juli 1969., Walter Gropius adalah anak ketiga dari Walter Adolph Gropius dan Manon Auguste Pauline Scharnweber.  Gropius menikah dengan Alma Mahler (1879-1964), janda dari Gustav Mahler.
Kemudian dari pernikahan mereka dikaruniai putri bernama Manon. Walter Gropius adalah seorang arsitek Jerman dan pendiri sekolah Bauhaus bersama dengan Ludwig Mies van der Rohe dan Le Corbusier, secara luas dianggap sebagai salah satu master perintis arsitektur modern karya-karyanya diantaranya adalah sebagai berikut :
1      The Fagus Faktiry, (1910-1911), Jerman
2      Offis and Factory Buildings at The Webund Exhibition, (1914), Jerman
3      Competition Entery for The Chicago Tribune Tower (1922)


Bauhaus berasal Weimar pada tahun 1919 sebagai tipe baru sekolah desain. Pada tahun 1924, ketika pekerjaan lebih lanjut di Weimar menjadi mustahil, Bauhaus menawarkan diri untuk kota-kota lain. Itu Dessau, sebuah kota industri calon di Jerman Tengah, dipilih oleh Masters Bauhaus atas Frankfurt am Main, misalnya, tergantung sebagian pada kenyataan bahwa hal itu bisa menawarkan Bauhaus gedung sekolah baru.




10.Antonio Gaudi

Antonio Gaudi atau yang bernama asli Antonio Gaudi Cornet lahir pada tanggal 25 Juni 1852, di Reus, Cataloni, spanyol. Petualangan didunia arsitekturnya dimulai ketika ia bersekolah di Escola Tecnica Superior d’Arquitectura di Barcelona. Pada tahun 1878, karena gaya seni yang dianggap masih orisinil, Eusebi Guell salah satu orang berpengaruh di Barcelona, tertarik dengan karya Gaudi dan sekaligus sebagai awal mula dikenalnya Gaudi dalam dunia arsitektur moderen. Karya-karyanya diantranya adalah sebagai berikut :
  1. The Temple Expiatori de la Sagrada Família. (1882 – 1926). Barcelona.
  2. Cassa Batillo (1904-1906)
  3. Cassa Milla, (1906-1910), Barselona

Contoh pertama karyanya adalah Colegi de les Teresianes (1888–1889), di Carrer Ganduxer, Barcelona, yang ditugaskan oleh San Enrique de Ossó. Gaudí memenuhi keinginan beliau supaya bangunannya disederhanakan sesuai sumpah hidup sederhana yang mereka pegang. Ia merancang bangunan sederhana menggunakan bata untuk eksterior dan sejumlah elemen bata untuk interior. Besi tempa, salah satu bahan favorit Gaudí, digunakan di fasadenya. Bangunan ini diatapi oleh barisan merlon yang menyerupai kastil, mungkin mengacu pada Kastil Interior Santo Teresa.Sudut-sudutnya dihiasi puncak bata pada kolom helikoid dan dipuncaki salib empat penjuru, ciri khas karya Gaudí, dan perisai keramik yang bertatahkan berbagai simbol ordo. Interiornya meliputi koridor yang terkenal karena rangkaian lengkungannya. Lengkungan elegan ini sangat dekoratif dan menopang loteng dan lantai di atasnya. Bagi Gaudí, lengkungan katener adalah elemen konstruksi yang ideal karena mampu menopang beban besar dengan bahan bangunan yang sedikit.
Teresianas01.jpg



Reference :
http://m.okezone.com/read/2012/10/26/476/709757/10-arsitek-keren-pada-jamannya-1
wikipedia.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar