PERCAMPURAN BUDAYA DI MASYARAKAT
Akulturasi adalah suatu proses sosial yang timbul manakala suatu
kelompok manusia dengan kebudayaan tertentu dihadapkan dengan unsur dari suatu
kebudayaan asing. Dan kebudayaan asing itu lambat laun diterima dan diolah
dalam kebudayaannya sendiri tanpa menyebabkan hilangnya unsur kebudayaan
kelompok itu sendiri.Akulturasi merupakan sebuah istilah dalam ilmu Sosiologi
yang berarti proses pengambil alihan unsur-unsur (sifat) kebudayaan lain oleh
sebuah kelompok atau individu. Adalah suatu hal yang menarik ketika melihat dan
mengamati proses akulturasi tersebut sehingga nantinya secara evolusi menjadi
Asimilasi (meleburnya dua kebudayaan atau lebih, sehingga menjadi satu
kebudayaan). Menariknya dalam melihat dan mengamati proses akulturasi dikarenakan adanya Deviasi
Sosiopatik terjadi karena kontak dengan
budaya lain, system pendidikan yang maju yang mengajarkan seseorang untuk lebih
berfikir ilmiah dan objektif, keinginan untuk maju, sikap mudah menerima
hal-hal baru dan toleransi terhadap perubahan.
Contoh-contoh dari hasil akulturasi budaya sangat beraneka ragam. Dalam bidang kesenian, arsitektur, agama dan lain-lain.
1.Bentuk bangunan Masjid Sunan Kudus adalah salah satu akulturasi antara Hindu-Islam.
Contoh-contoh dari hasil akulturasi budaya sangat beraneka ragam. Dalam bidang kesenian, arsitektur, agama dan lain-lain.
1.Bentuk bangunan Masjid Sunan Kudus adalah salah satu akulturasi antara Hindu-Islam.
2.Candi-candi di
Indonesia sebagai wujud percampuran
bangunan punden berundak-undak yang mendapat pengaruh Hindu Budha. Candi Borobudur merupakan wujud dari akulturasi antara agama Hindu-Budha di Indonesia.
Contohnya candi Borobudur. Pada candi disertai pula berbagai macam benda yang ikut dikubur yang disebut bekal kubur sehingga candi juga berfungsi sebagai makam bukan semata-mata sebagai rumah dewa. Sedangkan candi Budha, hanya jadi tempat pemujaan dewa tidak terdapat wujud akulturasi dari kebudayaan yang dibawa oleh bangsa-bangsa Eropa ketika menjajah Indonesia.
bangunan punden berundak-undak yang mendapat pengaruh Hindu Budha. Candi Borobudur merupakan wujud dari akulturasi antara agama Hindu-Budha di Indonesia.
Contohnya candi Borobudur. Pada candi disertai pula berbagai macam benda yang ikut dikubur yang disebut bekal kubur sehingga candi juga berfungsi sebagai makam bukan semata-mata sebagai rumah dewa. Sedangkan candi Budha, hanya jadi tempat pemujaan dewa tidak terdapat wujud akulturasi dari kebudayaan yang dibawa oleh bangsa-bangsa Eropa ketika menjajah Indonesia.
3.Bangunan Museum Fatahillah menyerupai Istana Dam di Amsterdam, yang terdiri atas
bangunan utama dengan dua sayap di bagian timur dan barat serta bangunan
sanding yang digunakan sebagai kantor, ruang pengadilan, dan ruang-ruang bawah
tanah yang dipakai sebagai penjara.
4. Selain dalam bidang
arsitektur, akulturasi budaya juga berpengaruh dalam bidang kesenian. Cabang
seni rupa yang berkembang adalah seni ukir dan seni lukis. Pola-pola hiasannya
meniru zaman pra-islam, seperti daun-daunan, bunga-bungaan, bukit-bukit karang,
pemandangan, garis-garis geometri, kepala kijang, dan ular naga.
Contoh, masjid yang di hias dengan ukiran adalah masjid Mantingan,
dekat jepara yang terdapat lukisan kera, ukiran gapura di candi Bentar di Tembayat, Klaten, yang dibuat pada masa Sultan Agung pada tahun 1633, dan gapura Sendang Duwur di Tuban. Pada zaman islam juga berkembang seni rupa yang disebut kaligrafi, yaitu seni menulis indah .
Contoh, masjid yang di hias dengan ukiran adalah masjid Mantingan,
dekat jepara yang terdapat lukisan kera, ukiran gapura di candi Bentar di Tembayat, Klaten, yang dibuat pada masa Sultan Agung pada tahun 1633, dan gapura Sendang Duwur di Tuban. Pada zaman islam juga berkembang seni rupa yang disebut kaligrafi, yaitu seni menulis indah .
5. Kesusastraan pada
zaman islam banyak berkembang di daerah sekitar selat malaka (daerah melayu)
dan jawa. Kebanyakan karya sastra pada zaman islam yang sampai pada kita
sekarang ini telah berubah dalam bentuknya yang baru, baik bahasa maupun
susunannya. Pengaruh yang kuat dalam karya sastra pada zaman itu berasal dari
Persia. Misalnya, Hikayat Amir Hamzah, Hikayat Bayan Budiman
dan sekitarnya yang mengangkat cerita Ramayana dan Mahabarata merupakan wujud akulturasi kebudayaan antara Hindu-Budha di bidang kesenian.
dan sekitarnya yang mengangkat cerita Ramayana dan Mahabarata merupakan wujud akulturasi kebudayaan antara Hindu-Budha di bidang kesenian.
6. Tari Betawi. Sejak dulu
orang Betawi tinggal di berbagai wilayah Jakarta. Ada yang tinggal di pesisir,
di tengah kota dan pinggir kota. Perbedaan tempat tinggal menyebabkan perbedaan
kebiasaan dan karakter. Selain itu interaksi dengan suku bangsa lain memberi
ciri khas bagi orang Betawi. Tari yang diciptakanpun berbeda. Interaksi orang
Betawi dengan bangsa Cina tercipta tari cokek, lenong, dangambang kromong.
7. Tersebarnya agama
Islam ke Indonesia maka berpengaruh terhadap bidang aksara atau tulisan, yaitu
masyarakat mulai mengenal tulisan Arab, bahkan berkembang tulisan Arab Melayu
atau biasanya dikenal dengan istilah Arab gundul yaitu tulisan Arab yang
dipakai untuk menuliskan bahasa Melayu tetapi tidak menggunakan tanda-tanda
a, i, u seperti lazimnya tulisan Arab. Di samping itu juga, huruf Arab berkembang menjadi seni kaligrafi yang banyak digunakan sebagai motif hiasan ataupun ukiran dan gambar wayang.
a, i, u seperti lazimnya tulisan Arab. Di samping itu juga, huruf Arab berkembang menjadi seni kaligrafi yang banyak digunakan sebagai motif hiasan ataupun ukiran dan gambar wayang.
8. Alat musik Tanjidor
selain mendapat pengaruh dari budaya Cina, kesenian Betawi dipengaruhi oleh
beragam budaya dari Eropa. Orkes Tanjidor, misalnya, mulai ada sejak abad
ke-18. Konon salah seorang Gubernur Jenderal Belanda, Valckenier
puluhan grup orkes gambus. Orkes ini biasanya ditampilkan di acara pesta perkawinan untuk mengiringi para penyanyi gambus baik laki maupun perempuan. Mereka biasanya membawakan lagu-lagu gambus dengan lirik religius maupun lagu-lagu cinta berbahasa Arab.
puluhan grup orkes gambus. Orkes ini biasanya ditampilkan di acara pesta perkawinan untuk mengiringi para penyanyi gambus baik laki maupun perempuan. Mereka biasanya membawakan lagu-lagu gambus dengan lirik religius maupun lagu-lagu cinta berbahasa Arab.
9. Wayang Betawi.
Salah satu produk budaya Betawi hasil akulturasi dari budaya Jawa dan Sunda
adalah wayang. Namun demikian, pengaruh Sunda lebih tampak dalam kesenian ini.
Mungkin secara geografis memang lebih dekat. Misalnya dalam hal penggunaan
bahasa. Dalam wayang digunakan bahasa Betawi campur Sunda.
bahasa Betawi campur Sunda. Dalam dunia pewayangan Betawi dikenal dua jenis wayang: Wayang Kulit (dalang terkenalnya H. Surya Bonang alias Ki D
serta Wayang Golek (dalang terkenalnya Tizar Purbaya). Umumnya, wayang Betawi mengambil lakon tentang kehidupan kerajaan di dunia pewayangan. Ada pula tokoh komedi Udel (persamaannya Cepot di dalam Sunda).
bahasa Betawi campur Sunda. Dalam dunia pewayangan Betawi dikenal dua jenis wayang: Wayang Kulit (dalang terkenalnya H. Surya Bonang alias Ki D
serta Wayang Golek (dalang terkenalnya Tizar Purbaya). Umumnya, wayang Betawi mengambil lakon tentang kehidupan kerajaan di dunia pewayangan. Ada pula tokoh komedi Udel (persamaannya Cepot di dalam Sunda).
10. Pakaian Adat
Betawi, orang Betawi pada umumnya mengenal beberapa macam pakaian. Namun yang
lazim dikenakan adalah pakaian adat berupa tutup kepala (destar) dengan baju
jas yang menutup leher (jas tutup) yang digunakan sebagai stelan celana
panjang. Melengkapi pakaian adat pria Betawi ini, selembar kain batik
dilingkari pada bagian pinggang dan sebilah belati diselipkan di depan perut.
Para wanita biasanya memakai baju kebaya, selendang panjang yang menutup kepala
serta kain batik.Pada pakaian
pengantin, terlihat hasil proses asimilasi dari berbagai kelompok etnis
dan dengan irama tertentu menyerukan “cak” dan mengangkat kedua lengan, menggambarkan kisah Ramayana saat barisan kera membantu Rama melawan Rahwana.Namun demikian, Kecak berasal dari ritual sanghyang, yaitu tradisi tarian yang penarinya akan berada pada kondisi tidak sadar, melakukan komunikasi dengan Tuhan atau roh para leluhur dan kemudian menyampaikan harapan-harapannya kepada masyarakat. Para penari yang duduk melingkar tersebut mengenakan kain kotak-kotak seperti
digunakan alat musik. Hanya digunakan kincringan yang dikenakan pada kaki penari yang memerankan tokoh-tokoh Ramayana. Ini merupakan akulturasi kebudayaan Hindu-Budha di Indonesia.
pengantin, terlihat hasil proses asimilasi dari berbagai kelompok etnis
dan dengan irama tertentu menyerukan “cak” dan mengangkat kedua lengan, menggambarkan kisah Ramayana saat barisan kera membantu Rama melawan Rahwana.Namun demikian, Kecak berasal dari ritual sanghyang, yaitu tradisi tarian yang penarinya akan berada pada kondisi tidak sadar, melakukan komunikasi dengan Tuhan atau roh para leluhur dan kemudian menyampaikan harapan-harapannya kepada masyarakat. Para penari yang duduk melingkar tersebut mengenakan kain kotak-kotak seperti
digunakan alat musik. Hanya digunakan kincringan yang dikenakan pada kaki penari yang memerankan tokoh-tokoh Ramayana. Ini merupakan akulturasi kebudayaan Hindu-Budha di Indonesia.
1. DAMPAK NEGATIF
Beberapa contoh perubahan yang bersifat negatif yang muncul dari pengaruh
budaya antara lain, yang pertama adalah gaya hidup.
Bisa kita lihat di kalangan artis banyak sekali yang kehidupannya itu glamour, padahal seyogyanya kehidupan seseorang yang terlalu glamour itu menandakan bahwa dirinya secara utuh telah terpengaruh oleh budaya barat. Biasanya kehidupan orang-orang berbudaya Indonesia pastinya sederhana sopan dan tidak terlalu memamer-mamerkan hartanya.Selain itu juga gaya hidup yang glamour ini juga mempengaruhi etika makan yang biasanya digunakan oleh bangsa Indonesia, biasanya makanan pokok masyarakat Indonesia adalah nasi, entah itu sarapan pagi, makan siang, ataupun makan malam selalu memakan nasi tetapi sekarang sudah banyak orang-orang kalangan atas yang mengikuti gaya bangsa barat yaitu mengganti sarapan dalam citra diri bangsa Indonesia yaitu dengan orang lain walaupun kita belum mengenalnya dan juga mengaplikasikan secara baik bahwa kita adalah makhluk sosial yang saling membutuhkan,
Bisa kita lihat di kalangan artis banyak sekali yang kehidupannya itu glamour, padahal seyogyanya kehidupan seseorang yang terlalu glamour itu menandakan bahwa dirinya secara utuh telah terpengaruh oleh budaya barat. Biasanya kehidupan orang-orang berbudaya Indonesia pastinya sederhana sopan dan tidak terlalu memamer-mamerkan hartanya.Selain itu juga gaya hidup yang glamour ini juga mempengaruhi etika makan yang biasanya digunakan oleh bangsa Indonesia, biasanya makanan pokok masyarakat Indonesia adalah nasi, entah itu sarapan pagi, makan siang, ataupun makan malam selalu memakan nasi tetapi sekarang sudah banyak orang-orang kalangan atas yang mengikuti gaya bangsa barat yaitu mengganti sarapan dalam citra diri bangsa Indonesia yaitu dengan orang lain walaupun kita belum mengenalnya dan juga mengaplikasikan secara baik bahwa kita adalah makhluk sosial yang saling membutuhkan,
2. DAMPAK POSITIF
Namun selain adanya dampak negatif juga ada sedikit dampak positif yang
dapat kita ambil dari masuknya arus besar dari percampuran budaya yaitu seperti
etos kerja yang tinggi padahal pada hakikatnya orang jawa lebih suka bekerja
yang biasa saja dan standar-standar saja jarang ingin berkembang, namun apabila
kita berada di sebuah lingkungan pekerjaan yang di dalamnya ada orang asing ataupun
orang luar negerinya secara otomatis kita sebagai warga Indonesia tidak ingin
disaingi oleh mereka maka dari itu semangat kerja kita sebagai orang Indonesia
menjadi lebih tinggi. Selain itu juga tentang ketepatan waktu sudah terpatri
jelas di benak kita bahwa kebiasan orang Indonesia adalah jam karet,yaitu bila
ada suatu acara ataupun kegiatan apapun pasti orang-orang indonesia datang
terlambat ataupun mepet dari acara tersebut, berbeda dengan budaya barat yaitu
bila ada suatu acara tertentu apalagi itu adalah acara yang dibuat berdasarkan
janji pasti orang-orang barat ini akan datang lebih awal dari sebelum acara itu
dimulai ataupun tepat saat acara dimulai. Selain itu juga ada hal baik yang
bisa kita contoh dari budaya barat yaitu tentang kebersamaan dalam keluarga. Di
Indonesia jarang kita dengar budaya makan bersama satu keluarga di ruang makan,
tetapi lain halnya dengan orang-orang barat mereka sesibuk apapun pasti
menyempatkan diri untuk hanya sedikit makan pagi atau sarapan bersama dengan
seluruh keluarga di ruang makan.
REFERENCE :
FASTEST: AKULTURASI BUDAYA
http://dickaerlangga.blogspot.com/2012/03/akulturasi-budaya.html?m=1
contoh-contoh alkulturasi indonesia
http://abccontoh2alkulturasi.blogspot.com/2012/03/contoh-contoh-alkulturasi-di-indonesia.html?m=1
http://dickaerlangga.blogspot.com/2012/03/akulturasi-budaya.html?m=1
contoh-contoh alkulturasi indonesia
http://abccontoh2alkulturasi.blogspot.com/2012/03/contoh-contoh-alkulturasi-di-indonesia.html?m=1
Tidak ada komentar:
Posting Komentar